Apa Perbedaan WhatsApp Business Dan WhatsApp Messenger

Bagi pengguna aplikasi WhatsApp, jika anda memiliki usaha atau Merintis Bisnis Online, anda bisa menggunakan WhatsApp Business untuk kebutuhan usaha anda tersebut. Berbeda dengan WhatsApp Messenger, WhatsApp Business ini diperuntukan bagi para pebisnis yang mana aplikasi ini memiliki beragam tambahan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Platform WhatsApp Business ini berdiri sendiri, meskipun penggunaannya hampir sama dengan aplikasi WhatsApp Messenger. Lalu, apa perbedaan WhatsApp Business Dan WhatsApp Messenger?

Pertama, dari segi logonya, ada perbedaan. WhatsApp Bussiness menggunakan logo huruf kapital “B” dengan latar warna hijau. Logo ini tentunya berbeda dengan WhatsApp Messenger dengan logo gambar teleponnya itu. WhatsApp Business menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya melihat statistik pada jumlah pesan yang dikirim dan diterima. Fitur ini tidak ada di versi WhatsApp Messenger biasanya. Selain itu, di WhatsApp Business bisa memilih tipe bisnis yang didaftarkan. Fiturnya menyertakan daftar opsi yang layak untuk dipilih. Namun, bila bisnis Anda tidak cocok dengan semua kategori yang ada, bisnis anda dapat didaftarkan dalam kategori ‘’lainnya’’.

Selain itu, bila WhatsApp Messenger tidak ada fitur verifikasinya, WhatsApp Business memverifikasi akun bisnis dengan tanda centang hijau. Jika anda melihat tanda centang hijau di sebelah nama kontak, itu berarti bahwa WhatsApp telah memverifikasi nomor telepon dari kontak yang anda miliki untuk akun bisnis. WhatsApp Business juga dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor. Hal ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang hanya bisa menggunakan nomor ponsel saja. Namun, WhatsApp menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor seluler dan sebaiknya menentukan satu nomor ponsel yang permanen.

Pada WhatsApp Bussiness juga terdapat fitur yang bisa membalas pesan secara otomatis yang memungkinkan untuk pemiliknya menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis dalam menyambut konsumen baru. Fitur ini tentunya tidak ditemukan di WhatsApp Messenger yang memiliki fungsi lebih personal.

Menggunakan aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger dalam satu perangkat ponsel yang sama bisa saja dilakukan. Namun, anda harus menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing akun aplikasi tersebut. Itulah apa perbedaan WhatsApp Bussiness dan WhatsApp Messenger. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda sekalian mengenai aplikasi pesan singkat yang popular ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *